FISH HMP UGM Menggelar Diskusi “Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Bahasa Ibu”

Gambar

Budaya merupakan salah satu potensi kekayaan bangsa yang harus dijaga dan perlu dikembangkan. Bahasa daerah merupakan bagian dari budaya yang dimiliki Indonesia. Menurut beberapa sumber, Indonesia memiliki sekitar 700 bahasa daerah yang berperan sebagai bahasa ibu dan sebagian besar terancam punah. Derasnya arus globalisasi saat ini perlahan-lahan mulai mematikan bahasa daerah.

Menyikapi hal ini, Forum Ilmu Sosial Humaniora Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (FISH HMP UGM) mengadakan diskusi publik “Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Bahasa Ibu” pada hari Sabtu, 9 Maret 2013 di gedung Ismangoen Fakultas Kedokteran UGM yang dibuka langsung oleh Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Senawi. Dalam kesempatan ini hadir tiga pembicara yaitu Prof. DR. I Dewa Putu Wijana (Guru Besar Linguistik Fakultas Ilmu Budaya UGM), Irma Diani, M.Hum (mahasiswa S3 ilmu humaniora Fakultas Ilmu Budaya UGM) dan Anom Adi Nugraha (pegiat seni Jawa). Dalam diskusi dibahas bagaimana fenomena melunturnya budaya terutama bahasa Ibu. Selain itu dibahas bagaimana upaya konkrit yang bisa dilakukan untuk mempertahankan bahasa Ibu sebagai bagian dari budaya bangsa.

diskusi3

Suasana Diskusi “Meningkatkan Ketahanan Budaya melalui Bahasa Ibu”

Selain acara diskusi, FISH HMP UGM juga mengadakan lomba Cerkak Basa Jawa yang diselenggarakan untuk memperingati hari bahasa Ibu Internasional (21 Februari). Lomba ini diikuti oleh 14 peserta dari kalangan mahasiswa. Pengumuman pemenang lomba tersebut disampaikan di akhir acara diskusi dan penyerahan hadiah langsung diberikan oleh ketua panitia Yaya Mulya Mantri, S.Hum.

juara cerkak

Juara pertama diraih oleh Suyono dengan judul “Copet”, juara kedua Arie Sulistyo dengan judul “Dhalang”, dan juara ketiga diraih oleh Muhammad Pranaasik dengan judul “SUGENG TANGGAP WARSA, BAPAK”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s