Selamat Ulang Tahun Bandung ke-202

Better late than never..

Walaupun terlambat 4 hari, saya tak lupa mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN BANDUNG KE-202…

Masih teringat tahun lalu, saya dan kawan-kawan mengunjungi Braga Festival yang digelar setiap ultah kota Bandung. Namun pada ulang tahun Bandung ke-202 ini, saya tak dapat menghadirinya karena saya sedang study di Yogyakarta.

Kabarnya dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kota Bandung, 6-12Oktober nanti akan digelar Wayang Golek dan Hiburan tradisional Sunda lainnya. Ratusan para tokoh wayang siap unjuk gigi di depan masyarakat Kota Bandung. Para wayang tersebut, akan tampil pada acara Helarwayang yang diselenggarakan oleh komunitas seni ‘Sunda Saampar’ dalam menyambut hari jadi ke-202 Kota Bandung.

“Dalam acara yang bertema Bandung Wayang Heritage, kami akan menghadirkan pertunjukan wayang golek, bobodoran, suket, menak Cirebon, cenk blonk, Purwakarta, lenong Betawi, Lombok, hihid, keroncong, cepak Tegal dan masih banyak yang lainnya,” tutur penggagas acara Helarwayang Adi Irwana Truna saat melakukan kunjungan ke Harian Umum Pikiran Rakyat Jalan Asia Afrika No 77, Kota Bandung, Senin (23/7/12). (PRLM)

Dia menjelaskan, acara tersebut juga sebagai etalase budaya, mengingat, pada tanggal 7 November 2003 kebudayaan wayang telah diresmikan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai karya agung budaya dunia tak benda.

“Wayang ini harus dilestarikan. Selain itu, event ini juga sebagai pilar bangsa yang sudah diakui dunia,” katanya.

Selain itu, acara tersebut akan menjadi rekor dunia dan diramaikan oleh dalang-dalang dari mancanegara. “Pada acara yang akan dihelat pada tanggal enam sampai 13 Oktober di lapangan Gasibu Bandung itu, kami akan membangun wayang raksasa dan kami juga akan menghadirkan dalang asing,” katanya.

Sementara itu dalam rangakaian event nanti, para pembuat tokoh wayang multimedia akan berkompetisi untuk menunjukkan keahliannya. Acara itu juga sebagai tantangan para ahli seni di bidang multimedia untuk membangun citra para wayang di depan anak-anak.

“Banyaknya tokoh idola kartun saat ini, menjadi tantangan mereka untuk berkarya. Mengingat, saat ini kebanyakan anak kecil lebih mengenal karakter dragon ball, avatar dan sebagainya,” tutur Adi.

Adapun rangkain acara lainya yang akan digelar, seperti wayang carnival wayang perform, seminar wayang, wayang exhibition, wayang award, wayang competition, wayang handycap, bazaar wayang, dan zero waste event. Selain itu, acara tersebut ditutup oleh pergelaran wayang yang akan dibawakan oleh dalang Asep Sunandar Sunarya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pikiran Rakyat, Joko Hendrarto menyambut baik ajakan kerja sama yang ditawarkan Sunda Saampar tersebut, mengingat kegiatan tersebut sejalan dengan Visi Pikiran Rakyat. “Mengusung tinggi dan melestarikan kesenian budaya Jawa Barat,” katanya

Dia juga menambahkan, kegiatan ini juga akan menjadi momentum pariwisata. Pasalnya, acara tersebut akan mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara. “Ini akan meningkatkan pariwisata,” katanya.

Selamat Uang Tahun Bandung ke-202, semoga Bandung menjadi Kota terbaik dan tetap menjadi Ibu Kota Asia-Afrika.

Wilujeng Milangkala Bandung ka-202.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s